Jurusan Teknik Elektro FT UNRI Berhasil Menggelar The 4th ICon EEI 2024

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau (UNRI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan riset dan inovasi di bidang teknik elektro dan informatika dengan menyelenggarakan The 4th International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICon EEI 2024) dengan melakukan konferensi yang digelar pada tanggal 16 Oktober 2024.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Fakultas Teknik UNRI, Prof Dr Ir Azriyenni ST MEng, dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa konferensi ini penting sebagai platform untuk memperkuat kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah guna mendorong inovasi dan pengembangan teknologi masa depan.

“Kami merasa terhormat bisa menyelenggarakan konferensi internasional ini yang tidak hanya berfokus pada bidang teknik elektro dan informatika, tetapi juga menjadi wadah bagi pertukaran ide dan kolaborasi lintas sektor, dan apresiasi khusus bagi IEEE Indonesia Section, ‘’kata Prof Azriyenni.

Konferensi ini berhasil menarik peserta baik dari akademisi, profesional, dan peneliti, baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam konferensi ini menyorot berbagai topik penting yaitu topik sistem tenaga listrik, elektronik, telekomunikasi, teknik

kontrol, serta informatika dan teknologi informasi.

Sesi keynote speeches terdapat para pakar terkemuka seperti Prof Dr Adian Fatchur Rochim ST MT dari Universitas Diponegoro serta Dr Gunadi Dwi Hantoro dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang mengisi acara tersebut.

Selain itu pada konferensi ini terdapat sesi-sesi teknis yang diisi dengan diskusi yang mendalam serta presentasi ilmiah. Acara ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dalam menjawab tantangan teknologi masa depan. Di acara tersebut para peneliti mempresentasikan makalah mereka yang akan diberi kesempatan untuk diterbitkan pada IEEE Xplore setelah melalui proses review yang ketat.

Pada acara penutupan, terdapat pidato dari panitia penyelenggara yang menekankan harapan agar ICon EEI 2024 bisa memicu lebih banyak kolaborasi antara akademisi dan industri dalam menciptakan inovasi di bidang teknik elektro dan informatika.

“Harapan Kami, melalui konferensi ini, akan semakin banyak penelitian yang dihasilkan, yang tidak hanya mempunyai berkontribusi bagi dunia akademik, akan tetapi juga bagi pengembangan teknologi di dunia industri,” ujar Dr Irsan Taufik Ali, sebagai Ketua Umum ICon EEI 2024

The 4th International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICon EEI 2024), adalah sebuah konferensi internasional yang diikuti oleh berbagai institusi pendidikan yang terdiri dari 26 perguruan tinggi dalam negeri dan 11 universitas luar negeri, dengan total 119 peserta. Terdapat beberapa universitas dari luar negeri yang turut berpartisipasi pada acara ini yang berasal dari negara-negara seperti Benin, Amerika Serikat, India, Vietnam, Irak, Cina, Malaysia, Italia, dan Aljazair serta Brunei Darussalam.

Acara ini diadakan secara hybrid, sehingga memberikan fleksibilitas bagi para peserta yang hadir baik secara daring maupun luring. Salah satu kegiatan utama di konferensi ini adalah acara dengan sesi call for paper, yang dilaksanakan secara paralel di tiga ruangan, dengan mencakup kategori telekomunikasi, electrical power, dan informatika ujarnya.

Jurusan Teknik Elekttro FT UNRI Berhasil Menggelar The 4th ICon EEI 2024

Jurusan Teknik Elekttro FT UNRI Berhasil Menggelar The 4th ICon EEI 2024

Jurusan Teknik Elekttro FT UNRI Berhasil Menggelar The 4th ICon EEI 2024

 

Skip to content