0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Enter your keyword

post

KEGIATAN EKSPEDISI GUA RIAU TAHAP I

KEGIATAN EKSPEDISI GUA RIAU TAHAP I

KEGIATAN EKSPEDISI GUA RIAU TAHAP I. HUT RI ke-75 pada tanggal 17 agustus 2020 menjadi perayaan HUT RI yang berbeda bagi KOMMAPALA Winnetou FT UNRI. Hal ini dikarenakan momen ini bertepatan dengan agenda besar KOMMAPALA Winnetou (disingkat KOM-WIN) tahun 2020, yaitu Ekspedisi Gua Riau tahap I. Kegiatan ini dilaksanakan di gua Langukuik Tujuoh, Desa Tanjung, Kec. Koto Kampar Hulu, Kab. Kampar, Riau pada tanggal 14-18 Agustus 2020. Sehingga pada momen ini dalam kegiatan ekspedisi turut dilaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Kegiatan KOMMAPALA Winnetou ini turut membawa nama Fakultas Teknik dan berbekal izin dari Wakil Dekan III FT UNRI Bapak Prof. Dr. Eng. Azridjal Aziz, S.T., M.T., IPU.

Sehubungan dengan kegiatan ekspedisi ini dilakukan di dalam gua, tentu saja upacara untuk HUT RI ke-75 ini juga dilaksanakan di dalam gua. Bendera kebangsaan indonesia, merah putih dinaikan dan dikibarkan didalam gua Langkui Tujuoh oleh tim Ekspedisi Gua Riau. Di dalam kegelapan dan kedalaman ini pelaksanaan upacara berlangsung khidmat. Susunan kegiatan berlangsung sesuai upacara bendera pada umumnya hanya saja berbeda pada penyesuaian teknis terhadap kondisi medan.

Sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya, Ekspedisi Gua Riau merupakan agenda besar KOM-WIN khususnya Divisi Caving pada tahun 2020 ini. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahap pelaksanaan di 3 lokasi dan waktu yang berbeda. Ekspedisi tahap I dilaksanakan di Gua Langkuik Tujuoh tanggal 14-18 Agustus 2020, Selanjutnya tahap II dilaksanakan di Gua Proklamasi, Desa Gema, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar tanggal 4-6 September 2020 sedangkan tahap III (final) akan dilaksanakan di Kawasan Karst Cipang Kiri Hulu, Kec. Rokan IV Koto, Kab. Rokan Hulu, Riau.

Ekspedisi gua adalah kegiatan penelusuran gua dengan teknik teknik penelusuran tertentu yang mana penelusuran ini memiliki target khusus yang hendak dicapai. Penelusuran gua secara umum termasuk kegiatan ekstrem sehingga dibutuhkan pengetahuan, keterampilan khusus dan pengalaman dalam melakukannya. Pada kegiatan Ekspedisi Gua Riau KOM-WIN 2020 ini target yang hendak dicapai adalah pendataan lokasi gua secara geografis sebagai database KOM-WIN, ekplorasi gua untuk mengetahui kondisi umum dalam gua, ekosistem, dll, pembuatan dokumentasi baik vidio ataupun gambar, serta pencatan data gua yang akan dibentuk menjadi peta gua itu sendiri.

Pada ekspedisi tahap I yang telah dilaksanakan tanggal 14-18 Agustus lalu, KOM-WIN berkolaborasi dengan Mapala Sakai FISIP UNRI. Kolaborasi ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi tim dalam mencapai tujuan ekspedisi. Selain ini kegiatan penelusuran gua sendiri masih tergolong kegiatan yang belum ramai dilakukan oleh pecinta alam (PA) Riau. Sehingga dengan cara ini, semangat kegiatan penulusuran gua dapat lebih hidup dan terpublikasi dengan baik.

Rombongan tim ekspedisi ini terdiri dari anggota KOMMAPALA Winnetou, Mapala Sakai, dan beberapa orang pendukung kegiatan dari berbagai latar belakang. Rinciannya sebagai berikut.

  1. Jekno (KOMMAPALA Winnetou)
  2. Adi (KOMMAPALA Winnetou)
  3. Ajod (KOMMAPALA Winnetou)
  4. W (KOMMAPALA Winnetou)
  5. Bob (KOMMAPALA Winnetou)
  6. Tutut (KOMMAPALA Winnetou)
  7. Lasak (KOMMAPALA Winnetou)
  8. Rilo (KOMMAPALA Winnetou)
  9. Angga (KOMMAPALA Winnetou)
  10. Idi (Mapala Sakai)
  11. Rama (Mapala Sakai)
  12. Amy (Mapala Sakai)
  13. Tika (Mapala Sakai)
  14. Madam (Mapala Sakai)
  15. Ika (Mapala Sakai)
  16. Apis (Mapala Sakai)
  17. Ryan (Mapala Sakai)
  18. Lim (Mapala Sakai)
  19. Vina (Mapala Sakai)
  20. Risda (Mapala Sakai)
  21. Ucok (Mapala Sakai)
  22. Intan (Mapala Sakai)
  23. Ayu (Mapala Suluh)
  24. Utara (Mapala Suska)
  25. Febby (Mahasiswa FMIPA UNRI)

Dalam pelaksanaannya ekspedisi ini tidak serta merta dapat terjadi begitu saja, tentu terdapat beberapa rangkaian persiapan. Rangkaian persiapan berupa bidang informasi dan publikasi (HID), logistik (konsumsi dan perlengkapan), hingga kesiapan pengetahuan, mental dan fisik dari tim itu sendiri. Beberapa hari sebelum keberangkatan, tim melakukan latihan fisik, teknik teknik pemetaan, dan teknik teknik penelusuran gua vertikal serta horizontal. Bahkan, satu hari sebelum kegiatan dilakukan review tentang pengetahuan speleologi dan teknik-teknik yang akan dibutuhkan nantinya. Latihan ini wajib dilakukan untuk memastikan tim siap menghadapi berbagai kondisi tak terduga dilapangan saat pelaksanaan ekspedisi. Ekspedisi yang berlangsung selama 4 hari ini sukses dilakukan oleh KOMMAPALA Winnetou dan Mapala Sakai. Seluruh anggota tim kembali ke Pekanbaru dengan selamat dan sehat. Dari kegiatan ekspedisi yang telah dilakukan, dihasilkan beberapa output kegiatan seperti deskripsi gua dan lingkungan sekitarnya, peta gua dengan grade 4.B dan vidio dokumenter perjalanan. Untuk vidio dokumenter perjalanan dapat diakses di instagra @KOMMAPALA_Winnetou. Prestasi utama dalam ekspedisi ini adalah bahwa dihasilkan peta gua pertama yang berdasarkan pengukuran dilapangan. Peta Gua ini akan menjadi aset database bagi KOMMAPALA Winnetou. (selengkapnya di https://www.kommapalawinnetou.blogspot.com)