0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

0
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Enter your keyword

post

Earth Day 2017, Kommapala Winnetou Bagikan 5.000 Bibit Tanaman

Earth Day 2017, Kommapala Winnetou Bagikan 5.000 Bibit Tanaman

Pada tanggal 26 april 2017, unit kegiatan mahasiswa Fakultas Teknik Kommando Pecinta Alam Winnetou Universitas Riau mengadakan kegiatan hari bumi dengan membagikan 5.000 buah bibit tumbuhan kepada masyarakat sekitar Universitas Riau. Tepatnya di depan gerbang UNRI Jalan Subrantas depan hotel Mona.

(Foto oleh : Riza Hermawan)

Tema kegiatan hari bumi tahun ini adalah “Gerakan Kecil untuk Perubahan Besar, Selamatkan Bumi” yang diketuai oleh Fuadi Rahmat salah satu anggota tunas kompas XVIII Kommapala Winnetou. Tujuan dari acara ini tidak lain ialah seperti yang kita ketahui sejauh ini kondisi lingkungan kita khususnya di Pekanbaru, Riau sangat mengkhawatirkan karena banyak terjadinya pembakaran lahan untuk pembukaan lahan produktif oleh prusahaan-perusahaan yang tidak bertanggung jawab dengan lingkungan. Kami melihat telah banyak terjadi kasus pembakaran tetapi minimnya kesadaran masyarakat untuk mencoba memperbaiki dan pentingnya pelestarian alam terhadap kerusakan yang telah terjadi di lingkungan Provinsi Riau sendiri.

Dikarenakan hal yang terjadi kami dari mahasiswa pecinta alam UKM FT UR Kommapala Winnetou mengajak dan menghimbau masyarakat kota Pekanbaru terkhusus di daerah Panam untuk peduli terhadap lingkungan yang telah rusak melalui kegiatan hari bumi.

Kegiatan hari bumi yang diusungkan oleh Kommapala Winnetou ini diresmikan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau kakanda Ary sandhyavitri yang juga merupakan anggota mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) dari Mapala Pah’yag’aan Fakultas Teknik Unsrat dan dihadiri oleh berbagai undangan yaitu BEM FT UR, DPM FT UR, Techno Sportivo FT UR dan seluruh pimpinan himpunan yang ada di Fakultas Teknik UR yang peduli akan lingkungan hidup dan bersinergi dengan UKM Kommapala Winnetou untuk pelestarian alam. Kegiatan peresmian termasuk penanaman bibit secara simbolis oleh Bapak Dekan, Wakil Dekan I, dan Wakil Dekan II Fakultas Teknik Universitas Riau di lapangan bola kaki depan Gedung C Fakultas Teknik. Kakanda Ary selaku Dekan Fakultas Teknik UR juga memberikan tantangan kepada mahasiswa pecinta alam dalam menghadapi kondisi lingkungan Fakultas Teknik. Tantangan tersebut salah satunya mempelopori untuk Fakultas Teknik yang lebih sehat.

(Foto oleh : Riza Hermawan)

Sore harinya merupakan kegiatan inti dari hari bumi ini, yaitu aksi pembagian bibit pohon kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar Universitas Riau. Aksi pembagian bibit ini dilakukan di Jalan Subrantas,depan gerbang Universitas Riau.

Selain membagikan sebanyak 5.000 bibit, Kommapala Winnetou juga menyerahkan secara simbolis 2 unit tong sampah kepada Gubernur Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau. Penyerahan ini melambangkan bahwa Kommapala Winnetou dan seluruh mahasiswa/i Fakultas Teknik berkomitmen untuk melestarikan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya

Hal yang menjadi keunikan dari aksi ini adalah body painting serta orasi tentang hari bumi. Tiga jam kegiatan pembagian bibit diadakan, terlihat antusiasme dari masyarakat dan mahasiswa cukup tinggi, Terutama pada bibit buah-buahan. Sehingga sangat diharapkan acara ini dapat diadakan secara berkesinambungan dan lebih baik lagi setiap tahunnya.

*Berita ini ditulis oleh Nopriwanda Syahputra, editor Tim TIK FT UR