Kegiatan Mahasiswa FT UR Dalam Program ”Sakura Science Program”
 /  Akademik / Kemahasiswaan / Kegiatan Mahasiswa FT UR Dalam Program ”Sakura Science Program”
Kegiatan Mahasiswa FT UR Dalam Program ”Sakura Science Program”

Kegiatan Mahasiswa FT UR Dalam Program ”Sakura Science Program”

Sakura Science Program (SSP) adalah salah satu jenis beasiswa untuk mahasiswa dalam melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa. Program SSP di Fakultas Teknik merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama yang sudah dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Riau dengan University of Miyazaki (UoM) Japan Tahun 2015. Kerja sama antar kedua universitas telah dirintis oleh Dr. Eng. Sigit Sutikno, MT sejak tahun 2014 yang merupakan alumni dari University of Miyazaki meliputi berbagai kegiatan seperti kolaborasi riset, visiting professor, student exchange, dan inisiasi pembukaan program double degree untuk S2.

 

Program SSP ini menyediakan beasiswa kepada 10 mahasiswa dan 1 dosen untuk melakukan kunjungan ke Jepang selama 10 hari dari tanggal 03 – 13 september 2017. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan program SSP ini yang diharapkan akan menjadi agenda tahunan. Program SSP tahun ini mengirim 7 mahasiswa S1, 3 mahasiswa S2, dan 1 dosen pendamping, dengan mengambil topik Engineering training of the advanced technology for the restoration of coastal environment. Aktivitas yang dilakukan di antaranya adalah kunjungan ke museum teknologi, kunjungan ke Lab. Pantai, kuliah, simulasi software dan laboratorium, kunjungan ke lokasi proyek, japanese culture. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara kedua institusi  di bidang pendidikan yang terkait sains dan teknologi terutama di bidang coastal engineering.

Di hari pertama kedatangan pada tanggal 03 September 2017 para peserta disambut di Bandara Haneda Tokyo oleh Prof. Keisuke Murakami, professor di bidang teknik pantai yang juga merupakan Kepala International Education Center Faculty of Engineering, University of Miyazaki dan sekaligus merupakan key person kegiatan kerja sama antar kedua universitas.

Kegiatan di hari pertama adalah kunjugan ke National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo yang menyajikan berbagai perkembangan teknologi terbaru di bidang ilmu pengetahuan. Di hari kedua adalah kunjungan ke Port and Airport Research Institute (PARI) di Yokosuka, Kanagawa yang merupakan pusat riset di bidang teknik pantai dan bandara. Kunjungan ke beberapa laboratorium modern di bidang teknologi material, struktur bangunan pantai, lab. Gempa, dan lab. Simulasi gelombang. Beberapa dokumentasi kegiatan seperti yang disajikan pada gambar di bawah ini.

 

Kegiatan di hari ketiga adalah penyambutan oleh Dean Engineering Faculty, University of Miyazaki Prof.Mitsuhiro Yokota di ruang Dekanat. Di dalam sambutannya, Dr. Eng Sigit Sutikno menyampaikan ucapan terima kasih atas undangannya dan salam hangat dari Rektor UR, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi dan berharap semoga kegiatan SSP ini memberikan manfaat yang signifikan baik terhadap individu mahasiswa maupun institusi. Prof. Yokota menyambut baik kedatangan delegasi dari UR dan berharap semoga bisa melakukan kegiatan dengan baik serta menikmati kota Miyazaki. Prof. Yokota membuka peluang seluas-luasnya kepada mahasiswa UR untuk kemungkinan melanjutkan studi di UoM baik pada jenjang S2, S3, maupun program-program training lainnya.