Pelatihan Dasar PELOPOR Panitia PKA-BAKSO/Engineering Day 2017
 /  Kemahasiswaan / Pelatihan Dasar PELOPOR Panitia PKA-BAKSO/Engineering Day 2017
Pelatihan Dasar PELOPOR Panitia PKA-BAKSO/Engineering Day 2017

Pelatihan Dasar PELOPOR Panitia PKA-BAKSO/Engineering Day 2017

Minggu, 13 Agustus 2017

76 orang mahasiswa calon panitia PKA & E-DAY mengikuti pelatihan dasar untuk persiapan dalam rangka menyambut mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Riau tahun ajaran 2017/2018.

Kegiatan yang diberi nama LATSAR PELOPOR Panitia PKA-BAKSO/Engineering Day ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada para pengisi acara (atau siapapun yang terlibat dalam kegiatan program perkenalan mahasiswa baru tersebut) itu harus memberikan contoh yang baik kepada anggota-anggota baru keluarga mereka (civitas akademika Fakultas Teknik UR). Bahkan sudah seharusnya mereka menjadi suatu contoh ideal untuk para mahasiswa baru yang bermartabat, penuh sopan santun, ramah, berbudi pekerti luhur, pandai, setia kawan dan berbagai nilai serta norma luhur lainnya yang tertanam dalam budaya indonesia.

Dalam kegiatan LATSAR atau Latihan Dasar ini, diikuti oleh lebihnya 76 orang mahasiswa dari semua jurusan di Fakultas Teknik yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016. Mereka merupakan mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri melalui proses seleksi Open Recruitment untuk menjadi Panitia di Kegiatan PKA & Engineering Day ini.

       Diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh peserta sebagai calon panitia yang akan dilatih dan juga staff kepegawaian Fakultas Teknik kegiatan LATSAR di buka secara resmi oleh Bapak Azhar Kasmy.,S.H selaku Kepala Biro Akademis Universitas Riau dan juga turut hadir Bapak wakil dekan satu dan wakil dekan dua Fakultas Teknik. Bapak Azhar Kasmy juga beramanat dengan diadakannya kegiatan LATSAR yang merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Fakultas Teknik ini, memang dapat betul-betul memberikan output yang positif sesuai dengan yang diharapkan, yakni membentuk pribadi calon panitia yang disiplin dan bertanggung jawab sehingga dapat mendidik adik-adik nya yang menjadi mahasiswa baru di Fakultas Teknik nanti.

 Setelah selesai upacara pembukaan dilaksanakan, para peserta pelatihan kemudian di arahkan untuk mengikuti materi dilapangan. Dimana dalam kegiatan tersebut para peserta dilatih dan di didik oleh para mahasiswa dari UKM Resimen Mahasiswa Universitas Riau mengenai pelatihan dasar baris-berbaris, dimana latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketanggapan para calon panitia PKA & EDAY 2017.

Selain materi pelatihan dalam bentuk luar ruangan yang berguna untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketanggapan, para peserta juga di berikan materi didalam ruangan yang berguna untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Misalnya saja dalam kegiatan LATSAR ini juga turut dihadiri oleh Ditlantas POLDA RIAU yang memberikan materi kepada para peserta tentang Keselamatan dalam Beralu Lintas dan Anti Narkoba. Diharapkan kepada para mahasiswa khususnya para calon panitia ini, nantinya akan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dan memiliki bekal ilmu pengetahuan untuk diajarkan kepada para calon mahasiswa baru nantinya.

Selain dari Ditlantas POLDA RIAU yang menyampaikan materi dalam ruangan untuk para peserta pelatihan,  juga turut berpartisipasi dari Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja Provinsi Riau.

      Para peserta yang akan menjadi Panitia di kegiatan PKA & EDAY ini tampak semangat dan antusias sekali dalam mengikuti kegiatan, apalagi sebelum berakhirnya kegiatan LATSAR tersebut, mereka disuguhkan dengan materi yang tidak kalah pentingnya yakni tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Yang dalam hal ini materinya langsung disampaikan dari pihak Rumah Sakit Universitas Riau yang diwakili langsung olehdr. Zulharman.,M.Med.Ed selaku direktur Rumah Sakit Universitas Riau.

Semoga dengan di adakannya kegiatan yang dilaksanakan seharian penuh ini, memang dapat benar-benar memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Para peserta pelatihan dapat membawa ilmu yang telah diberikan dan menerapkannnya dalam kegiatan PKA & EDAY nantinya.